Pembentukan Karakter dan Sikap Spiritual Santri Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi

Sukabumi, 28 Maret 2022., alhamdullillah kegiatan ini telah rutin dan salah satu agenda harian di Pondok Pesantren Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi Santri d didik agar terbiasa melaksanakan sholat sunah dhuha. dilaksanakan oleh keluarga besar Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi sebelum aktiftas dimulai tepatnya pukul 6.40 -07.30, ibadah shalat merupakan hal utama dalam Islam. Bahkan karena keutamaanya, shalat merupakan tiang agama. Selain shalat farhdu (wajib) yang lima waktu.

Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas di pagi hari Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi sebelum siswa/santri melaksanakan aktifitas setiap pagi yaitu sebelum berangkat ke sekolah, Santri Siswa Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi melaksanakan shalat dhuha secara bersama-sama atau berjama’ah, dengan di pimpin langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren.

Dalam mengembangkan sikap spiritual siswa di Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi berjalan dengan lancar. Hal ini ditandai dengan pelaksanaannya sampai sekarang masih terus dilakukan. Kemudian pembiasaan shalat dhuha dalam mengembangkan sikap spiritual siswa dapat dikatakan sangat baik, hal ini ditandai dengan perubahan perilaku positif, perkembangan itu dapat dilihat  pertama, siswa yang mengikuti pembiasaan  shalat  dhuha  bisa  memanfaatkan  waktu  di  pagi  hari  dengan  produktif, kedua tingkah lakunya mengarah pada hal yang baik sesuai dengan ajaran Islam, yaitu ikhlas, sabar, syukur, dan tawakkal. Dan para guru pun berupaya keras agar santri siswa yang mereka didik bisa mencerminkan sikap spiritual tersebut.

Tidak hanya sholat sunnah dhuha saja, santri siswa Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi pun dibimbing dan diwajibkan untuk melaksanakan sholat sunnaha lainnya, seperti sholat sunnah sebelum dan sesudah melaksanakan sholat wajib lima waktu, sholat tahajjud, dan sholat sunnah lainnya, dansSantri dapat lebih hemat apabila wakktu istirahat nya di isi dengan melaksanakan sholat dhuha, dan membaca Al-Qur’an.

   

Video kegiatan Dhuha :

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center