Silaturahmi Akbar IKSADA Bersama Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh yaspida Sukabumi

Ikatan Santri dan Alumni Yaspida (IKSADA) Wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi mengadakan acara Silaturahmi Akbar dan Tausiah bersama Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi, Dr. KH. E. S. Mubarok, MSc., M.M.., (27/03/2022) di Pondok Hexa Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi, hadir dalam acara tersebut sekitar 243 peserta para alumni Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi.

Dalam mukaddimah tausiahnya beliau mengingatkan para hadirin bahwa niat dan iman memiliki kesamaan. Naiknya iman tentu dengan meninggalkan maksiat, sama halnya dengan niat. Bila niat seseorang goyah di tengah proses mencapai tujuan, maka seyogianya ia meninggalkan maksiat yang sering dilakukan. Beliau berpesan agar  tidak menyia-nyiakan waktu senggangnya. Aktif di berbagai dinamika kehidupan,  asalkan mampu mengembangkan diri, beliau menganjurkan untuk istikamah dalam shalat tahajud, tidak banyak, dua sampai empat rakaat saja cukup, asal tidak putus setiap harinya. Amalan sunah lain yang dianjurkan adalah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Pesantren mempunyai keunggulan yang tak dimiliki oleh lembaga pendidikan lain. Secara sanad keilmuan memiliki ketersambungan dengan Rasulullah dan itu adalah ciri khas dari pesantren, “Sanad keilmuan adalah bagian dari agama karena tanpa adanya sanad maka orang akan berkata semaunya,” ungkap beliau dalam tausiahnya.

Disamping itu beliau menambahkan dalam pesantren juga diajarkan bagaimana hubungan guru dan santri atau murid. Menurutnya hubungan keguruan lebih utama daripada hubungan kekerabatan, oleh karena itu, Dr. KH. E. S. Mubarok, MSc., M.M.., mengajak kepada para aluminya agar intropeksi diri dengan meneladani ajaran para guru. Ia juga mengajak agar para alumni tak meninggikan diri sendiri karena sifat tersebut hanya milik Allah.

Selain itu Beliau mengingatkan agar tak memonopoli urusan umat. Dan para alumni agar istiqamah membaca alquran, “Mari saling mendoakan agar semua hajat bisa tercapai dan demi kebahagiaan di dunia maupun akhirat,” ujarnya.

 

 

1 Comment

  • Hamdan maulana

    Saya adalah orang yang keras hati dan susah untuk mengeluarkan airmata,, tapi setiap kali dipimpin beliau (bapak) dalam momen apapun seperti ada daya tarik tersendiri. Mata & hati ini selalu terenyuh untuk meneteskan airmata.. apalagi saat dipimpin dalam doa..
    Yaspida setiap tahun selalu beda.. menuju peradaban yang lebih maju. Konsep konsep yang kami terima pun dari beliau selalu ada yang baru seolah ilmu beliau tak pernah habis..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center