Episode 4

Ghosob …

Sandal Hilang Dighosob Entah Siapa
Seringkali sandal hilang dighosob entah siapa. Istilah ghosob sendiri hanya ada di Pondok pesantren. Ghosob, atau mengambil barang milik orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya merupakan hal yang lumrah ada di pesantren. Motto santri: pesantren adalah milik kita bersama. Apa yang menjadi milikmu adalah milikku jua.

Termasuk persoalan sandal jepit. Tak jarang ketika santri berangkat ke masjid memakai sandal, pulang-pulang sudah nyeker.

Kadang-kadang, tak hanya sandal santri yang dighosob, sandal kyai pun seringkali jadi korban ghosob para santri. Tapi yang namanya santri, punya aja dalil akal-akalan saat tau dirinya ghosob sandal kyai. Tenang, barang-barang milik kyai itu berkah, sebab kyai itu orang yang ikhlas ridlo dunia akhirat. Gak mungkin disebut kyai kalo gak ikhlas ridho sama santri-santrinya.
Eits, bercandbercanda.

Episode 3

Yang Bener Aja …

Nisfu Sya’ban merupakan saat yang dinantikan ummat Islam diseluruh dunia. Dalam tiga malam pertengahan Sya’ban, Allah menurunkan keberkahan di muka bumi. Rasulullah Muhammad S.A.W sampai berpesan agar kita tidak melewatkan malam yang penuh dengan keberkahan tersebut. Rosulullah menganjurkan ummatnya untuk memperbanyak amal sholeh di malam tersebut demi meraih berkah yang terkandung di dalamnya.
Alhamdulillah , malam nisfu sya’ban adalam malam 15 sya’ban masuk waktu magrib pada hari sabtu, 24 maret 2024 (malam minggu) , pondok pesantren Darussyifa Al-Fithroh menggelar kegiatan pengajian dan doa bersama dalam rangka malam nisfu sya’ban tahun 1445 H, pengajian ini dimulai ba’da maghrib dengan pembacaan yasin 3 kali dengan bacaan pertama diniatkan agar diberi panjang umur, bacaan kedua diniatkan agar terhindar dari musibah dan diberi keluasan rezeki. Bacaan ketiga diniatkan agar tidak tergantung pada manusia serta mendapat husnul khotimah. Dan di akhiri doa bersama yang di pimpin langsung oleh pimpinan pondok pesantren darussyifa al-fithroh perguruan islam yaspida sukabumi.

Episode 2

Antri …

Bukan santri kalo tidak ngantri atau berebut kamar mandi. Kita gak akan menemukan kehidupan ngantri di kamar mandi hingga berebut mandi duluan seperti di pondok pesantren. Dengan jumlah kamar mandi yang terbatas, sedangkan jumlah santri ribuan ini membuat santri mau gak mau harus antri bergiliran di kamar mandi. Saat waktu shubuh atau sekolah pagi tiba, mereka rebutan untuk duluan ke kamar mandi. Pengalaman yang hanya dimiliki santri, ngantri di kamar mandi.

Episode 1

Salah Paham …

Ta’dzim atau menghormat kiai/guru yang mengajarkan ilmunya adalah sikap dan tindakan yang diajarkan oleh Rasulullah saw.

Hadits nabi “Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu”. (HR Tabrani)

Coming Soon

Coming soon….

Comic Strip karakter “Si Jampang”

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center