Cara Memaksimalkan Keutamaan Dibulan Ramadhan Dan Keutamaannya

Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan yang selalu dinantikan oleh umat muslim. Karena dibulan inilah banyak rahasia akan keutamaan dalam setiap aktivitas. Dibulan ini semua umat muslim yang sudah baligh melakukan ibadah puasa sejak terbit fajar hingga matahari terbenam, dengan meninggalkan hal-hal yang membatalkan.

Keutamaan bulan ramadhan sangatlah beragam dan membahagiakan. Sebagai umat muslim yang diberikan kesempatan untuk dapat kembali bertemu dan menjalankan ibadah dibulan ramadhan hendaknya tidak menyia-nyiakan waktu. Karena keutamaan yang ada didalam bulan ini sangatlah luar biasa.

Keistimewaan bulan Ramadan merupakan bulan pengampunan terhadap dosa-dosa masa lalu bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa. Rasulullah SAW pernah bersabda tentang makna puasa Ramadhan, sabda tersebut diriwayatkan dalam hadist Bukhari dan Muslim, yang artinya: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhori-Muslim).

Ramadhan datang dengan segala keutamaan dan kemuliaannya. Mulai dari dilipatgandakannya pahala di dalamnya, dibukakannya pintu surga, sampai ditutupnya pintu neraka, dan lain sebagainya. Oleh karena keutamaan dan kemuliaannya, kita sebagai umat Islam, dianjurkan untuk lebih mengoptimalkan ibadah di bulan Ramadhan.

Lalu, bagaimanakah cara untuk memaksimalkan pahala di bulan Ramadhan?

  • Menjaga Puasa dengan Iman dan Ikhlas:

Cara: Puasa adalah ibadah yang wajib dilakukan selama bulan Ramadan. Jagalah puasa dengan penuh kesadaran, keimanan, dan keikhlasan.

Keutamaan: Allah SWT berfirman dalam hadis qudsi, “Setiap amalan anak Adam adalah untuknya, kecuali puasa, karena itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberikan pahala padanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Meningkatkan Kualitas Shalat:

Cara: Perbanyaklah shalat sunnah, terutama shalat Tarawih dan shalat tahajjud. Perbaiki kualitas shalat dengan khusyu’ dan khudhu’.

Keutamaan: Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan berharap pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni oleh Allah SWT.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Membaca dan Merenungkan Al-Qur’an:

Cara: Luangkan waktu untuk membaca, memahami, dan merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an. Tadabburilah maknanya dan usahakan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Keutamaan: Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Qur’an karena dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at bagi pembacanya.” (HR. Muslim)

  • Beramal dan Berinfaq:

Cara: Manfaatkan bulan Ramadan untuk meningkatkan amal kebajikan dan bersedekah kepada sesama.

Keutamaan: Rasulullah SAW bersabda, “Seorang manusia mungkin terlambat melakukan kebaikan, tetapi ketika dia mempersembahkannya kepada Allah dalam bulan Ramadan, dia akan mendapat pahala yang setara dengan orang yang melakukan kebaikan itu di luar Ramadan.” (HR. Ibn Majah)

  • Menghindari Perbuatan Buruk:

Cara: Jauhi segala bentuk perbuatan buruk dan dosa selama bulan Ramadan. Fokuslah pada perbaikan diri dan meningkatkan kualitas ibadah.

Keutamaan: Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan perbuatan yang buruk, Allah tidak butuh dia meninggalkan makanan dan minumannya.” (HR. Bukhari)

  • Memperbanyak Dzikir dan Doa:

Cara: Perbanyaklah dzikir, istighfar, dan doa di bulan Ramadan, terutama pada waktu-waktu yang dianjurkan.

Keutamaan: Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik waktu yang diucapkan oleh seorang hamba adalah di sepertiga malam terakhir. Allah turun ke langit dunia pada waktu itu dan berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, pasti Aku kabulkan. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, pasti Aku ampuni.'” (HR. Tirmidzi)

Semoga Allah memberikan kemudahan dan keberkahan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center