Peran Santri dan Tantangan di Era Digital Untuk Kemaslahatan Umat

Pondok Pesantren sebagai suatu lembaga keagamaan yang mengajarkan, mengembangkan dan menyebarkan ilmu agama Islam,  Perjalanan panjang ketika masih menjadi santri merupakan rangkaian petualangan yang tidak bisa dilupakan,  berbagai macam manusia dari mulai tasawuh, ahli fiqih, nasionalis, cendekia dan SDM unggul banyak bermunculan dari lingkungan pesantren.

Ada keberuntungan yang mungkin tak di dapatkan anak lain. Sebagai santri, tak kalah keren dengan anak-anak yang belajar di sekolah umum, Di era milenial seperti pada saat ini, banyak tantangan yang harus dihadapi umat Islam terutama santri untuk kemaslahatan atau kebaikan umat.

Mau belajar apapun dan meneruskan sekolah sampai kapanpun yang terpenting ialah mau belajar dan berdoa agar ilmu yang didapat itu membawa kemaslahatan bagi siapapun karena Rasulullah SAW bersabda sebaik-baik orang ialah yang bermanfaat bagi sesamanya, Dalam lingkup pesantren, santri memiliki tugas menjembatani apa yang telah disampaikan kyai kepada masyarakat.

Menuntut ilmu agama dan mendakwahkannya kepada umat untuk berbuat kebajikan adalah hal yang sangat sudah melekat pada diri seorang santri dari sejak zaman dahulu. Langkah tersebut adalah kontribusi besar yang bisa dilakukan oleh seorang santri untuk negara, yang mana kegiatan seperti itu belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang. Sebagai insan yang terpelihara dengan didikan ilmu agama sudah sepantasnya santri membawa kedamaian dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara melalui dakwahnya., santri sekarang tentunya berbeda kehidupan dan tantangan dengan santri masa lalu, jika santri masa dulu fokus menuntut ilmu, bedakwah dan menagajarkan umat dengan cara yang manual, tentunya santri zaman sekarang bisa melakukan kegiatan tersebut dengan cara manual dan dengan cara bermedia sosial tentunya.

Dalam kehidupan sekarang yang dikelilingi oleh berbagai macam media sosial, sepatutnya  santri harus menggunakan media tersebut sebagai lapangan baru untuk berdakwah. Menuangkan semua ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari kedalam berbagai macam platfrom tersebut sehingga bisa diakses dan dijadikan ilmu pengetahuan baru oleh masyarakat.

Ayo gabung menjadi bagian dari Kampus Prestasi Berkarakter Islami di Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center