Perkuat Ukhuwah Santri Dalam Silaturahmi Akbar ke-6 Alumni Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi

Yaspida – Silaturahmi akbar alumni Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi digelar di Gedung Gors , Sabtu,14 Mei 2022 atau tanggal 13 Syawal 1443 H, Diawali dengan pembacaan sholawat, tahlilan, serta istigosah, silaturahmi akbar alumni Yaspida.

Ngalap berkah, silaturahmi akbar alumni ke-6 itu juga dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi H.Iyos Somantri, Pimpinan Pondok Pesantren Dr. KH. E. Supriatna Mubarok, MSc., M.M., Ketua Umum Yayasan Dr. Hj. Lani Melani, M.MPd., Sekretaris Yayasan M. Rahmat Adikusumah, SE.,M.Si., Jajaran Pimpinan Kepala Sekolah Pondok Pesantren, Ketua Iksada M. Redi Irawan, S.Fil, Muspida dan Muspika Kabupaten Sukabumi.

Ketua Ikasada Ikatan Santri dan Alumni Yaspida M. Redi Irawan, S.Fil menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat tali silaturhami sebab Iksada sudah memiliki 48 Dewan Pengurus Wilayah (DPW) tingkat provinsi kemudian 18 Dewan Pengurus Iksada kabupaten dan kota serta 47 Dewan Pengurus Anak Cabang Kabupaten Sukabumi, Selain bersilaturahmi dengan para santri dan alumni Yaspida, ketua Iksada bersyukur dapat bisa bersilaturahmi langsung dengan para guru sekaligus menerima arahan dan wejangan, dalam kegiatan tersebut dilakukan berbagai acara diantaranya santuanan anak yatim.

Sambutan ketua Iksada Ketua Iksada M. Redi Irawan, S.Fil dalam Silaturahmi Akbar yaspida ke-6
Sambutan Dewan Pembina Cabang Iksada Kabupaten Sukabumi Anwar Sadad dalam Silaturahmi Akbar yaspida ke-6

Sementara itu Dewan Pembina Cabang Iksada Kabupaten Sukabumi, sekaligus anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Anwar Sadad kegiatan ini sebagai penguatan struktural Iksada. Dia menyatakan penguatan struktural sangat penting, terutama dalam menjaga kesolidan dan keutuhan organisasi. “Kedepan juga ada beberapa program yang bersifatnya  pemberdayaan Iksada, beliau menambahkan, santri adalah cerminan generasi penerus bangsa yang terus memperkuat jiwa religius sekaligus nasionalisme kebangsaan, “tuturnya”.

Dilanjut dalam sambutan atau tausyiah, Sesepuh Ponpes Dr. KH. E. Supriatna Mubarok, MSc., M.M., mengatakan, silaturahmi dan halal bihalal menjadi momen yang lazim, Islam menekankan untuk terus menjalin hubungan persaudaraan antar sesama, Mengutip Hadits Riwayat Bukhari-Muslim, KH Ubaidillah menyebutkan, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang suka dilapangkan rezekinya atau ditambahkan umurnya maka hendaklah ia menyambung kekerabatannya.”

Sambutan Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi Dr. KH. E. Supriatna Mubarok, MSc., M.M.,

Menurutnya, memperkuat ukhuwah sesama santri merupakan hal penting dalam ihtiar mewujudkan kemajuan umat, Dalam hal ini beliau menambahkan kalau keberkahan bukan datang dari guru saja, tapi guru juga mencari keberkahan dari para santri, karena kehormatan di depan manusia hanya semu belaka, suatu saat mereka menghormati tapi suatu saat kamu akan dikhianati atau di hina, suatu saat kamu akan dibanggakan suatu saat kamu akan di ca mpakan, maka jangan mengharapkan penghormatan dari manusia, karena kehormatan hanya milik Allah, SWT, mengutip kisah Jalaluddin Rumi, Pungkas Pimpinan Pondok Pesantren pada pertemuan yang penuh keberkahan ini”.

Disamping itu sambutan oleh Wakil gubernur H. Iyos Sumantri menambahkan dilihat dari sejarah dan perkembangannya, nampak bahwa Pondok Pesantren Darusyifa Al-Fitroh Sukabumi ini senantiasa eksis dan konsisten menunaikan fungsinya sebagai pusat pengajaran ilmu-ilmu agama islam, baik yang masih ”salafiyah” dengan sistim pendidikan khas pondok pesantren-nya maupun yang sudah  “khalafiyah” atau “ash-riyah” yang telah mengadopsi sisitim madrasah dengan kurikulum pemerintah mulai dari sd/mi, mts/smp, sma/ma, bahkan perguruan tinggi.

Sambutan Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi H.Iyos Somantri

Pola pendidikan seperti demikian itu, telah melahirkan dan menciptakan banyaknya kader-kader ulama, guru-guru agama, dan mubalig-mubaliogah yang sungguh dipundaknya tersandang amanat sebagai ahli waris tugas para nabi (waraatsatul anbiyaa)  dan  sebagai pembawa risalah illahiyah serta pelanjut misi yang diemban rasulullah muhammad saw.

Mengetahui kemajuan tersebut, saya turut senang dan bangga. Akan tetapi, perkembangan ini tentu harus tetap terjaga dengan baik agar terus semakin kondusif dan perkembangannya tetap progres. Hal itu kita sadari karena silaturahmi dan kemitraan merupakan salah-satu kunci kesuksesan dalam membangun sdm berkualitas melalui lembaga pendidikan yang berkualitas. Begitulalah yang nampak diterapkan yaspida. Oleh karenanya, saya sangat respect dengan acara yang diselenggarakan yaspida seperti ini, karena sejalan pula dengan penjabaran visi pemerintah kabupaten sukabumi sebagaimana ditetapkan dalam rpjmd 2021-2026 pada misi pertamanya, yakni : “membangun sumber daya manusia yang beriman, berbudaya, dan berdaya saing”, pungkas beliau dalam sambutannya”.

Poto Kegiatan Silaturahmi Akbar  Alumni YASPIDA ke-6 :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center