Sambut Ramadhan Dengan Penuh Suka Cita, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1445H dan Jadwal Puasa Imsakiyah

Ramadhan adalah tamu agung yang dinantikan oleh setiap orang. Tak peduli tua muda, laki-laki perempuan, semuanya bersuka cita sambut Ramadhan. Walau rasa itu sama, terkadang gaya menyambutnya berbeda-beda. Pimpinan  Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Islam Yaspida Sukabumi dalam rapat bulanan mengatakan, selama bulan Ramadhan sebagai bulan yang agung dan luhur, seorang Muslim senantiasa meningkatkan amal dan ibadahnya dengan penuh suka cita, Ungkap Beliau”.

Ada yang sekedar gembira karena melihat momen Ramadhan dari sisi manfaat belaka, namun ada juga menyambut Ramadhan dengan harap-harap cemas. Berharap agar Ramadhan dan keutamaannya segera datang disertai berbagai persiapan matang dalam menyambutnya. Bercampur aduk juga dengan perasaan khawatir, kalau-kalau usia tak sampai untuk menggapainya. Betapa banyak orang yang telah mendahului kita, tak sempat menikmati Ramadhan karena ajal telah lebih dahulu sampai mendahului datangnya Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda, “Telah diberikan kepada umatku di bulan Ramadhan, lima hal yang belum pernah diberikan kepada seorang Nabipun sebelumku yaitu :

  • Pada awal bulan Ramadhan, Allah s.w.t melihat umatku., siapa yang dilihat oleh Allah, maka dia tidak akan disiksa untuk selama-lamanya.
  • Aroma mulut orang yang berpuasa, di sisi Allah lebih baik dari aroma misik (kasturi).
  • Para malaikat memohon ampunan untuk umatku siang dan malam.
  • Allah s.w.t memerintahkan (penjaga) surga-Nya : “Bersiap-siaplah dan berhiaslah kamu untuk hamba-hambaKu, mereka akan beristirahat dari kesulitan hidup di dunia menuju ke tempat-Ku dan kemuliaan-Ku”,.
  • Pada akhir malam bulan Ramadhan Allah mengampuni dosa-dosa mereka seluruhnya”.

Adapun Jadwal Imsakiyah Pondok Pesantren Salafiyah Terpadu Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi, Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Jadwal imsakiyah Ramadhan berbeda-beda tergantung pada lokasi dan zona waktu masing-masing daerah. Jadwal imsakiyah ini disusun berdasarkan pada Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Sebagai umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa, sangat penting untuk memantau jadwal imsakiyah yang resmi dan memastikan bahwa kita memulai dan mengakhiri ibadah puasa sesuai dengan waktu yang ditentukan. Dengan demikian, kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesadaran dan keikhlasan serta mendapatkan berkah yang lebih besar dari Allah SWT.

Pondok Pesantren Darussyifa Al-fitroh telah merangkum jadwal imsak dan buka puasa  sebagai berikut :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center