Balut Kemeriahan Untuk Membentuk Solidaritas Sportifitas dan Kreatifitas Dalam Acara “PORSEDA” Pekan Olah Raga dan Seni Santri Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi Tahun 2022/2023

Tepat Selasa (20/12/2022), Pondok Pesantren Salafi Terpadu Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi membuka acara PORSEDA yakni Pekan Olahraga dan Seni Santri Yaspida. Pekan Olahraga dan Seni bagi santri dilakukan guna membentuk potensi diri dan kebersamaan setiap individu dalam melakukan suatu kegiatan yang bersifat positif serta meningkatkan potensi akademik maupun non akademik bagi santri itu sendiri. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap 1 Tahun sekali yang berlangsung dari hari selasa-kamis 20-22 Desember 2022, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengasah mental dan kemampuan santri dalam berolahraga dan kesenian yang berbalut tema “Membentuk Solidaritas Sportifitas dan Kreatifitas Santri-Siswa Yaspida”.

Pembukan PORSEDA Tahun 2022/2023 dibuka oleh Pimpinan Pondok Pesantren Dr. KH. E.S. Mubarok, MSc., M.M.

Upacara Pembukaan PORSEDA resmi dibuka oleh Pimpinan Pondok Pesantren Dr. KH. E.S. Mubarok, MSc., M.M. dalam sambutan pembukaannya, beliau menyampaikan bahwa PORSEDA merupakan salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan, Existensi harus di tonjolkan dan sampai kapanpun PORSEDA harus tetap ada, harus membangkitkan gairah dalam bidang olahraga dan bidang seni,“Silakan berlomba, junjung sportivitas pada saat perlombaan, selain itu beliau menambahkan ajaran islam ternyata begitu lengkap dan sempurna, bahkan olahraga pun disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW, seperti olahraga renang, memanah, berlari, berkuda, bergulat dan sebagainya. Olahraga bertujuan menjadikan manusia sehat dan kuat. Dalam Islam, sehat dipandang sebagai nikmat kedua setelah Iman. Selain itu, banyak ibadah dalam Islam membutuhkan tubuh yang sehat dan kuat, seperti sholat, puasa, berhaji, dan jihad menuntut ilmu,”ungkap beliau”.

Dalam acara ini “PORSEDA” menang kalah bukanlah urusan, melainkan bagaimana santri bisa bekerja sama dengan grup atau club yang ditentukan mengahadapi lomba dengan sportif dan profesional. PORSEDA tahun ini menaruh harapan yang besar bagi para santri Pondok Pesantren kelak dapat menjadi perwakilan atlet dalam membela tanah air di kanca internasional, dengan mengucap Bismillahirrahmannirahim PORSEDA 2022 secara resmi dibuka. Pungkas Beliau dalam Sambutan pembukaan PORSEDA 2022/2023.

Upacara Pembukaan PORSEDA dilaksanakan pagi hari di Lapangan Arofah. Acara ini melibatkan kreatifitas, ketangkasan dan kekompakan santri. Lokasi lomba disebar di wilayah pondok, sehingga rapi dan teratur, juga agar semua santri bisa menyaksikan keseruan perlombaan. Lomba dimulai setelah Upacara Pembukaan PORSEDA yang dilanjutkan dengan pembagian grup. Grup dibentuk berdasarkan kamar atau asrama. Panitia menyiapkan 4 perlombaan, yang di dalamnya terdiri dari bidang olahraga dan 1 bidang kesenian. Adapun Bidang olahraga yang diperlombakan yakni sepak bola, bola voli ,sepak takraw dan tenis meja. Sedangkan bidang kesenian yang diperlombakan yakni muhadhoroh seperti pidato menggunakan bahasa,seperti bahasa arab,bahasa indonesia,bahasa inggris.

Ketua Panitia Yuana Rahman, S.Pd melaporkabn acara kegiatan PORSEDA 2022/2023

Dari Abu Hurairah r.a. katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Orang mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mu’min yang lemah. (HR.Muslim). sampai sedemikian Rasulullah SAW menyampaikan hal yang sangat penting bagi seorang mu’min. Pesantren dengan pola pendidikan yang diajarkan Rasulullah SAW mengajarkan santrinya akan pentingnya berolahraga, untuk menjaga kebugaran tubuh.

Dengan motto yang berbunyi “ العَقلُ السَالِمِ فِي الجِسمِ السَالِمِ ” dan bermakna “Akal yang sehat berada dalam jasad yang sehat”. Yang dimaksudkan adalah, kesehatan fisik dan mental berdampingan dan saling terkait. Baiknya kita semua menjaga keduanya.

Berdampingan dengan motto “Mensana in Corpore sano” yang artinya “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” sudah tidak asing lagi dalam dunia pendidikan, khususnya mata pelajaran PJOK atau Olahraga. Banyak manfaat yang didapat dari Olahraga. Sehat adalah jawaban yang utama,dan ungkapan “Lebih baik mencegah daripada mengobati” menjadi pasangan dari ungkapan berbahasa Latin diatas tadi. Setiap Kita pasti menginginkan Kesehatan,baik kesehatan fisik maupun kesehatan nonfisik karena sehat adalah harta yang sangat mahal harganya.

Alhamdulillah semua kegiatan PORSEDA berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan harapan panitia juga pembimbing. Santri sangat bersemangat dan menikmati kegiatan PORSEDA sehingga semuanya terlibat.

Raut wajah semangat dan antusias santri Yaspida Sukabumi mengikuti PORSEDA


Photo & Video Kegiatan :

 


Redaksi : Rahman. R

Photo : Aghy. S

Drone : Rahman. R

CamPers : Satria dan Dzakwan

Developer Website : Rahman. R

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center