“Gempa Dimata Kyai Yaspida” Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi Sapa & Sisir Korban Pasca Bencana Cianjur Yang Belum Terbantu

Di Lokasi, Pimpinan Pondok Pesantren Cek Pemerataan Bantuan.

Pimpinan Pondok Pesantren Dr. KH. E. S.Mubarok, MSc., M.M. mendatangi posko bantuan gempa Cianjur di beberapa titik di Kec. Warukondang dan kec. Gekbrong (04/12/2022). Beberapa titik itu ialah Desa Jambu Dipa Kecamatan Warukondang Ponpes Darrul Fallah, dan Desa Cikancana Kecamatan Gekbrong Ponpes Daruttoolibin.

Bila merujuk pada Alquran dan hadits, alih-alih berdebat apakah gempa bumi itu siksa atau ujian, justru kita akan mendapati banyak sekali hikmah, pesan bijak di balik terjadinya gempa bumi. Salah satu ayat alquran yang mengisahkan gempa bumi adalah surat Al Araf ayat 155. Ayat tersebut menceritakan bagaimana gempa bumi menimpa Nabi Musa dan pengikutnya.

وَاخْتَارَ مُوْسٰى قَوْمَهٗ سَبْعِيْنَ رَجُلًا لِّمِيْقَاتِنَا ۚفَلَمَّآ اَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ قَالَ رَبِّ لَوْ شِئْتَ اَهْلَكْتَهُمْ مِّنْ قَبْلُ وَاِيَّايَۗ اَتُهْلِكُنَا بِمَا فَعَلَ السُّفَهَاۤءُ مِنَّاۚ اِنْ هِيَ اِلَّا فِتْنَتُكَۗ تُضِلُّ بِهَا مَنْ تَشَاۤءُ وَتَهْدِيْ مَنْ تَشَاۤءُۗ اَنْتَ وَلِيُّنَا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الْغٰفِرِيْنَ

“Musa memilih tujuh puluh orang dari kaumnya untuk (memohon tobat kepada Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan. Ketika mereka ditimpa gempa bumi, Musa berkata, “Ya Tuhanku, jika Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? (Gempa bumi) itu hanyalah cobaan dari-Mu. Engkau menyesatkan siapa yang Engkau kehendaki dengan cobaan itu dan Engkau memberi petunjuk siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah Pelindung kami. Maka, ampunilah kami dan berilah kami rahmat. Engkaulah sebaik-baik pemberi ampun.” (QS Al Araf ayat 155).

Pimpinan Pondok Pesantren Dr. KH. E. S. Mubarok, MSc., M.M meninjau lokasi bencana paska gempa cianjur, beliau sempat meneteskan air mata melihat kejadian tersebut

“Pimpinan Pondok Pesantren Dr. KH. E. S.Mubarok, MSc., M.M menghimbau kepada semua umat Muslim, mari kita bantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana di Cianjur ini. Kita petik hikmahnya. Allah SWT memberikan rahmat dan perlindungan-Nya kepada masyarakat Cianjur yang baru saja tertimpa musibah ini”.

Beliau mendoakan agar para korban bencana gempa Cianjur itu mendapat rahmat Allah SWT. Bagi korban meninggal, Ya Allah, rahmatilah dan ambil dosa-dosa mereka. Dan berikan kesabaran kepada mereka yang terdampak, yang luka-luka, yang rusak rumahnya, Allah SWT melindungi dan merahmati mereka,” tutur Beliau”.

Pada kesempatan itu, beliau mengunjungi beberapa warga terpantau yang masih memilih tinggal di tenda sementara karena warga khawatir adanya gempa susulan. Pimpinan Pondok Pesantren Dr. KH. E. S.Mubarok, MSc., M.M.  menyapa sekaligus memberikan bantuan kepada para pengungsi yang menjadi korban gempa magnitudo 5,6 tersebut. Beliau menambahkan “Sementara di sini aman ya, daerah nanti tolong didata siapa saja korban yang belum mendapat bantuan sosial. harus tersalurkan semuanya,” ujar Pimpinan Pondok Pesantren di sela-sela kunjungan. Beliau juga meminta para pengungsi untuk sabar dalam menghadapi cobaan berupa bencana alam ini, beliau menjelaskan bahwa akan segera memberikan sejumlah bantuan kepada para pengungsi yang rumahnya mengalami kerusakan.

Sementara itu, Ketua RW Deni Irawan di Desa Cikancana, mengaku sangat bersyukur atas kehadiran Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi di wilayah tersebut. “Saya sangat sangat bersyukur karena kampung saya bisa dikunjungi oleh Bapak dan rombongan langsung ke wilayah saya, beliau juga mengungkapkan bahwa Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi turut memberikan bantuan sebesar Rp 10 juta rupiah untuk diberikan kepada seluruh warga dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, “peruntukannya yaitu buat kebutuhan seluruh warga di wilayah tersebut, baik itu buat beli sampo, sabun, pasta gigi, dan kebutuhan-kebutuhan yang lainnya,” tutur Deni.

Hingga saat ini, Sekjen Yayasan M. Rahmat Adikusumah, SE., M.Si dan para rombongan terus menyisir dan mengirimkan bantuan kepada korban gempa Cianjur,  terutama daerah-daerah yang belum menerima bantuan. Bantuan tersebut di antaranya, suplai logistik dan kebutuhan dasar bagi para korban, bantuan diharapkan tersalurkan secara cepat dan merata agar dapat memenuhi kebutuhan bahan pokok ribuan pengungsi di sejumlah titik maupun warga yang masih terisolasi.

Turut mendampingi Pimpinan Pondok Pesantren dalam kegiatan tersebut adalah Sekjen Yayasan M. Rahmat Adikusumah, SE., M.Si, | Dewan Pengawas Pondok Pesantren M. Rio Firmansyah, S,E, | Kepala Sekolah SD IT Yaspida Lela Fatmawati.S, S.H.I.,M.Pd. | Kepala Sekolah SMP IT Yaspida Hj. Eli Susilawati, S.Ag.,M.Pd, | Kepala Sekolah SMK Terpadu 1 Yaspida H. Margono, S.H., MM, | Kepala Sekolah SMK Terpadu 2 Yaspida H. Nandang Irawan, M.Pd, | Kepala Sekolah MA Plus Yaspida Darhadi M,Pd | Kepala Divisi Aset & Kepegawaian H. N. Yuda Kurniawan, S.Sos.,M.pd. | Direktur Bisnis Center Agus Budiman, S.E, beserta rombongan yang lain.


 

Phtot kegiatan :

  

 

 


Redaksi : Rahman. R

Photo : Aghy. S

drone : Robi. M

Video : Satria

Developer Website : Rahman. R

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center