Membangun Reaktualisasi Dakwah Dalam Membina Sarjana Ulama Yang Kompetitif Dalam Acara Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa KKN Angkatan 2022

IAIS, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Sukabumi Angkatan 3 dilaksanakan di beberapa daerah. Sebanyak 34 peserta mahasiswa dari semua Program Studi di Institut Agama Islam Sukabumi mengikuti kegiatan KKN Tahun 2022 yang dibagi dalam 4 kelompok, dan ditempatkan pada Kabupaten Sukabumi tersebar di Kecamatan Kadudampit desa cipetir, Kecamatan sukaraja desa pasirhalang, Kecamatan sukalarang desa semplak. Kegiatan tersebut dimulai tanggal 24 Oktober 2022 dan akan berakhir pada 24 November 2022.

Acara dibuka langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Dr. KH. E.S. Mubarok, MSc., M.M. melalui sambutannya menyampaikan Institut Agama Islam Sukabumi melakukan adaptasi di tengah krisis ini baik bidang akademik maupun non akademik, salah satunya KKN. Kita bertekad, untuk tetap menjalankan kegiatan akademik agar mahasiswa menyelesaikan studinya sesuai rencana, beliau menambahkan kalau point penting dalam KKN ini harus mampu memasarkan kampus diantaranya sosialisasi, promosi, komunikasi, advokasi, misi yg esensial, dan Motivasi (bermotivasi & Termotivasi), pungkas beliau dalam pembukaan pelepasan dan pembekalan KKN 2022.

Acara pembukaan dan Sambutan Oleh Pimpinan Pondok Pesantren Dr. KH. E.S. Mubarok, MSc., M.M.

Disamping itu Rektor IAIS Prof Dr. KH. Zainal Abidin, M.Ag. berpesan, setiap mahasiswa Institut Agama Islam Sukabumi harus bersungguh-sungguh mengikuti KKN. Sebab inilah kesempatan mereka untuk belajar dan mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama di bangku kuliah. Melalui KKN, mahasiswa dilatih untuk mengembangkan potensi dirinya dengan terjun langsung di masyarakat. Dalam pelaksanaan KKN ini juga diharapkan mahasiswa Institut Agama Islam Sukabumi harus mampu melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, Rektor  juga mengingatkan mahasiswa Institut Agama Islam Sukabumi untuk selalu menjaga sikap dan prilakunya dalam bergaul bersama masyarakat.  Mereka harus mampu menjadi teladan dan menjaga nama baik Almamater, beliau menambahkan ada point penting diantaranya :

  • KKM Simbol perguruan tinggi, sebagai wujud implementasi tridarma perguruan tinggi denga karakter islami.
  • kebebasan berpikir, dan kompleksitas pola pikir masyarakat yg harus cepat d tanggkap untuk menyusun program yg tepat.
  • belajar dari masyarakat anatara teori di kampus dan fakta sosial dilapangan.

Beliau Menambahkan kita harus punya Akhlak melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dengan berintegrasi tinggi, menggunakan kekayaan dan dedikasi secara bertanggung jawab, epektif dan efisien, dan tidak menyalahgunakan jabatan. Selain mempunyai Akhlak kita harus punya Kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah. Dengan demikian IAIS harus tetap melakukan upgrade dan melakukan restart membantu orang lain belajar dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik dengan berbagai pendekatan.

Sambutan Rektor IAIS Prof Dr. KH. Zainal Abidin, M.Ag.

Dalam menerapkan akhlak ini diharuskan cepat menyesesuaikan diri menghadapi perubahan, terus selalu berinovasi mengembangkan kreativitas dan bertindak pro-aktif, serta  kolaboratif, yaitu memberikan kesempatan yang sama kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerjasama untuk menghasilkan nilai tambah dan menggerakkan pemantapan berbagai sumber daya untuk kepentingan Bersama, “pungkas Rektor IAIS”.

Sambutan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M)

Ditempat yang sama Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M)  sekaligus Ketua Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata Erni Johan,M.Pd menjelaskan, KKM Institut Agama Islam Sukabumi peserta KKN diharapkan mampu mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi dan meningkatkan kepedulian masyarakat dalam membangun wilayah desanya masing-masing.


Photo Kegiatan :

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center