Agenda Tahunan Ziarah Wali Songo, Wisata Religi Sekaligus Mencari Keberkahan Santri Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Islam Yaspida Sukabumi

Senin, tepatnya pada tanggal 15 Januari 2024 malam. Keluarga besar Pondok Pesantren Darussyifa AL-Fithroh Perguruan Islam Yaspida Sukabumi melakukan kegiatan Ziarah ke Makam Wali Allah. Agenda ini rutin dilaksanakan, sebagai napak tilas perjuangan para penegak panji Islam sekaligus sebagai wujud penghormatan dan juga mencari keberkahan dari ke aliman para Wali Allah.

Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Pergirian Islam Yaspida Sukabumi memberangkatkan Santri Siswa kelas 6, 9 dan 12 dengan jumlah peserta 980 santri/siswa. Santri Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Pergirian Islam Yaspida Sukabumiyang di berangkatkan untuk melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu “Wisata Religi Ziarah Wali”, seperti tahun sebelumnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang menjadi program tahunan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Pergirian Islam Yaspida Sukabumi setelah akhir semester ganjil. Dengan didampingi langsung oleh Pengasuh Pondok pesantren Dr. Drs. KH. E.S. Mubarok, MSc., M.M, M.Pd dan para  para Asatidz/asatidzah Pondok Pesantren, rombongan berangkat pada Senin Malam  (15/01/2024) mulai pukul 22.00 WIB selama 4 hari 5 malam menuju makam-makam Wali Songo, rute tujuan Ziaroh tahun ini sebagai berikut :

Wali Songo adalah julukan diberikan pada tokoh-tokoh Islam yang sangat dihormati di tanah Jawa. Wali Songo berasal dari kata wali, merujuk pada istilah waliyulloh yang berarti orang-orang Islam yang dekat dengan Alloh karena tingkat keimanan dan ketakwaannya, sedangkan kata songo berarti sembilan.

Istilah itu diterjemahkan sebagai Sembilan Wali. Para wali ini kemudian berperan sebagai penyampai ajaran Islam pertama di Jawa melalui jalur budaya, dimulai 1404 M. Wali songo yang dimaksud adalah Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Gunung Jati, dan Sunan Muria.

Sebagai tambahan, sebelum perjalanan pulang, rombongan Ziaroh Wali Songo Pondok Pesantren Darussyifa AL-Fithroh Perguruan Islam Yaspida Sukabumi akan mampir ke Jogjakarta Candi Borobudur, dilanjut ke pusat oleh-oleh Bakpia Pathok 25 Jogja, Kaos Gareng Jogja dan Jalan-jalan di sekitar Malioboro.

Photo Kegiatan : https://yaspidasukabumi.or.id/gallery/

Video Kegiatan : https://www.youtube.com/@darussyifaalfithroh/shorts

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center