Bentuk Persiapan Peserta Didik yang Siap Bersaing Dalam Pembekalan Peserta PKL, SOL, dan PPM

Penyelenggaraan kurikulum dengan pola sistem ganda adalah pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah dan di Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) sebagai perwujudan keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu bentuk pelaksanaan pendidikan di Dunia Usaha atau Dunia Industri dapat berupa PKL, SOL, dan PPM.

Pembekalan PKL, SOL, PPM ini dihadiri oleh Sekjen Yayasan M. Rahmat Adikusumah, SE., M.Si, Kepala Sekolah  SMK Terpadu 1 H. Margono, S.H., MM, Kepala Sekolah  SMK Terpadu 2 H. Nandang Irawan, M.Pd, Kepala Sekolah  SMA Plus H. Uce Gunawan, S.Ag.,MM, dan Kepala Sekolah  MA Plus Darhadi, M.Pd, serta Wakasek Unit Hubinmas, Kepala Kejuruan, Guru BK, Wali Kelas dan Siswa/i Masing-Masing Jurusan.

Adapun materi pembekalan yang disampaikan kepada seluruh peserta didik yaitu :

  • Muhasabah dan Motivasi Diri
  • Penjelasan umum tentang praktek kerja lapangan
  • Motivasi Kerja
  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  • Etika, Tata Tertib di Dunia Usaha dan Industri
  • Pengisian jurnal, absensi dan kerangka penilaian
  • Tata cara penulisan laporan

Pada tahun pelajaran 2023/2024 kegiatan PKL, SOL, dan PPM yang dijadwalkan mulai Maret 2023. Sebelum menghadapi PKL, SOL, dan PPM sebanyak 496 peserta didik Kelas XI Siswa Santri SMK Terpadu 1, SMK Terpadu 2, SMA Plus Yaspida, MA Plus Yaspida  yang akan mengikuti kegiatan diberikan pembekalan dari sekolah selama 1 hari (16 Februari 2023), yang dimulai pukul 08.00 s.d selesai di Aula Gedung Gors Yaspida.

Sekjen Yayasan M. Rahmat Adikusumah, SE., M.Si dalam membuka acara Pembekalan Peserta PKL, SOL, dan PPM

Sambutan yang dibuka langsung oleh Sekjen Yayasan M. Rahmat Adikusumah, SE., M.Si beliau mengatakan dalam pembekalan peserta didik yang akan melaksanakan PKL, SOL, PPM tahun ini memang kita setting dengan sedemikan rupa, sehingga harapan kita, seluruh peserta PKL, SOL, PPM dapat mengikuti program perusahaan dengan baik. Di samping pemberian materi tentang PKL, SOL, PPM, seluruh peserta diharapkan mampu membuat jurnal atau laporan kegiatran PKL, SOL, PPM selama di perusahaan yang nantinya akan diuji oleh pihak guru kejuruan. Dalam pengisian jurnal nanti akan kita bahas secara rinci, sehingga seluruh peserta PKL, SOL, PPM dapat membuat laporan dengan baik. Saya dari ketua pelaksana mengharapkan kepada seluruh peserta PKL, SOL, PPM dapat menjadi anak yang bermanfaat bagi sekeliling masyarakat dan perusahaan serta orang tua khususnya, Jelas “Sekjen Yayasan pada saat memberikan Sambutan pembukaan”.

Pada waktu yang bersamaan sambutan kedua oleh perwakilan Kepala Sekolah dari SMK Terpadu 2 Yaspida yaitu H. Nandang Irawan, M.Pd juga memberikan peringatan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara menuju ke tempat magang serta selalu menjunjung keselamatan kerja pada saat melaksanakan kerja di perusahaan.

Sambutan Perwakilan Kepala Sekolah dari SMK Terpadu 2 Yaspida yaitu H. Nandang Irawan, M.Pd

Saya berpesan kepada seluruh anak-anak kami, untuk selalu berhati-hati dalam berkendara serta selalu mengutamakan K3 pada saat berkerja di tempat perusahaan atau industri, khususnya Santri Siswa Yaspida demi terlaksananya kegiatan PKL, SOL, PPM dengan baik dan lancar, Jelas Kepala Sekolah, H. Nandang Irawan, M.Pd pada saat memberikan sambutan.

Arahan pembekalan dari Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi Dr. KH. E. S. Mubarok, MSc., M.M.

Pada akhir kegiatan pembekalan, seluruh peserta didik kelas XI mengikuti arahan langsung dari Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi Dr. KH. E. S. Mubarok, MSc., M.M. untuk menggemakan Khas Pesantren sebagai tanda bahwa peserta didik kelas XI siap untuk mensukseskan kegiatan PKL, SOL, PPM selama enam (1) bulan ke depan. Senin, 01/04/2019.

Beliau menambahkan dalam sambutannya beliau mengarahkan kepada seluruh Siswa Santri  SLTA tingkat akhir bahwa agenda pkl,sol dan ppm. Sebelum pelaksanaan santri/siswa dibekali dengan materi yang berhubungan dengan dunia usaha sesuai kompetensi keahlian masing-masing melalui kegiatan pengayaan. Materi yang nantinya akan disampaikan oleh guru masing-masing kompetensi keahlian serta guru tamu dari DU/DI.  Diharapkan dengan melaksanakan PKL, SOL, PPM, di DU/DI santri/siswa dapat mencapai semua kompetensi, sub kompetensi sesuai kompetensi keahlian masing-masing serta mendapatkan keterampilan tambahan sehingga pada saat lulus kemudian bekerja ataupun berwirausaha nantinya bisa menggunakan ilmu yang telah mereka dapatkan langsung dari dunia kerja.

Beliau melanjutkan dalam sambutannya peserta didik harus siap mental dan siap beradaptasi dengan lingkungan tempat PKL, SOL, PPM,. Trapkan ilmu yang didapat di sekolah, dan berkreatifitas, tunjukkan bahwa kalian memiliki kemampuan dan skill”, juga tidak lupa dalam hal peribadahan diluar sana,” pungkasnya.

Materi pembekalan oleh Dr.(c) Syaefulloh, S.Pd.I, MM

Photo Bersama Angkatan 43-22


Photo Video Kegiatan :


Redaksi : Rahman .R

Photo : Aghy. S

Video : Satria.DP

Developer Website : Rahman. R

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center