Bentuk Persiapan Peserta Didik yang Siap Bersaing Dalam Pembekalan Peserta PKL PPM Santri Siswa Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh

Kegiatan magang merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan, kegiatan ini sangat penting bagi peserta didik karena dapat menambah wawasan dan pengalaman khususnya didunia kerja. Oleh sebab itu, sebelum peserta magang diterjunkan ke dunia usaha dan industri, perlu adanya pembekalan dari Lembaga pelaksana untuk para peserta PKL dan PPM.

Sambutan yang dibuka langsung oleh Ketua Umum Yayasan Dr. Hj. Lani Melani, M.MPd, beliau mengatakan dalam pembekalan peserta didik yang akan melaksanakan kegiatan tahun ini diharapkan kita, seluruh peserta dapat mengikuti program perusahaan dengan baik. Di samping pemberian materi tentang PKL PPM, seluruh peserta diharapkan mampu membuat jurnal atau laporan kegiatan selama di perusahaan yang nantinya akan diuji oleh pihak guru kejuruan. Dalam pengisian jurnal nanti akan kita bahas secara rinci, sehingga seluruh peserta PKL PPM dapat membuat laporan dengan baik. Saya dari ketua pelaksana mengharapkan kepada seluruh peserta kegiatan apat menjadi anak yang bermanfaat bagi sekeliling masyarakat dan perusahaan serta orang tua khususnya, Jelas “Ketua Umum Yayasan pada saat memberikan Sambutan pembukaan”.

Sambutan Pembukaan kegiatan oleh Ketua Umum Yayasan Dr. Hj. Lani Melani, M.MPd,

Panitia pelaksana PKL dan PPM menyelenggarakan kegiatan Pembekalan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada santri/siswa sebelum kegiatan PKL dan PPM dimulai. Santri/siswa harus tetap menjaga sikap, etika, kedisiplinan, menjaga nama baik almamater, dan tetap mentaati aturan atau norma-norma yang berlaku selama melaksanakan kegiatan PKL dan PPL. Selain itu santri/siswa semester 4 yang merupakan peserta PKL dan PPM juga di berikan buku panduan pembuatan laporan PKL dan PPM serta atribut berupa jasket Magang, yang akan digunakan selama kegiatan berlangsung.

Acara pembekalan ini juga dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Islam Yaspida Sukabumi Dr. Drs. KH. E. S. Mubarok, MSc., M.M.,M.Pd, beliau turut memberikan sambutan kepada para santri/siswa peserta PKL dan PPM. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancer dan semua peserta magang mendapatkan pengalaman yang bermanfaat, beliau mengatakan dalam pembekalan peserta didik yang akan melaksanakan PKL PPM tahun ini memang kita setting dengan sedemikan rupa, sehingga harapan kita, seluruh peserta dapat mengikuti program perusahaan dengan baik. Di samping pemberian materi tentang PKL dan PPM, seluruh peserta diharapkan mampu membuat jurnal atau laporan kegiatran selama di perusahaan yang nantinya akan diuji oleh pihak guru kejuruan. Dalam pengisian jurnal nanti akan kita bahas secara rinci, sehingga seluruh peserta dapat membuat laporan dengan baik.

Arahan dan Pembekalan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Islam Yaspida Sukabumi Dr. Drs. KH. E. S. Mubarok, MSc., M.M.,M.Pd

Beliau menambahkan dalam sambutannya para santri/siswa dibekali dengan materi yang berhubungan dengan dunia usaha sesuai kompetensi keahlian masing-masing melalui kegiatan pengayaan. Materi yang nantinya akan disampaikan oleh guru masing-masing kompetensi keahlian serta guru tamu dari DU/DI.  Diharapkan dengan melaksanakan PKL dan PPM, di DU/DI santri/siswa dapat mencapai semua kompetensi, sub kompetensi sesuai kompetensi keahlian masing-masing serta mendapatkan keterampilan tambahan sehingga pada saat lulus kemudian bekerja ataupun berwirausaha nantinya bisa menggunakan ilmu yang telah mereka dapatkan langsung dari dunia kerja.

Peserta didik harus siap mental dan siap beradaptasi dengan lingkungan tempat PKL dan PPM,. Trapkan ilmu yang didapat di sekolah, dan berkreatifitas, tunjukkan bahwa kalian memiliki kemampuan dan skill”, juga tidak lupa dalam hal peribadahan diluar sana,” pungkasnya.

Penyelenggaraan kurikulum dengan pola sistem ganda adalah pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah dan di Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) sebagai perwujudan keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu bentuk pelaksanaan pendidikan di Dunia Usaha atau Dunia Industri dapat berupa PKL dan PPM.

Adapun materi pembekalan yang disampaikan kepada seluruh peserta didik yaitu :

  • Muhasabah dan Motivasi Diri
  • Penjelasan umum tentang praktek kerja lapangan
  • Motivasi Kerja
  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  • Etika, Tata Tertib di Dunia Usaha dan Industri
  • Pengisian jurnal, absensi dan kerangka penilaian
  • Tata cara penulisan laporan

Pada tahun pelajaran 2024/2025 kegiatan PKL dan PPM yang dijadwalkan mulai pertengahan Februari 2024. Sebelum menghadapi PKL dan PPM sebanyak 496 peserta didik Kelas XI Siswa Santri SMK Terpadu 1, SMK Terpadu 2, SMA Plus Yaspida, MA Plus Yaspida.

Dokumentasi kegiatan klik Link dibawah ini :

Gallery

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending Posts

About Me

KAMPUS PRESTASI BERKARAKTER ISLAMI

Follow Me

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Popular Articles

Newsletter

Subscribe For More!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Yaspida

Kampus Prestasi berkarakter Islami

Instagram

Edit Template

Follow Website Resmi & Account Social Media Kami

PP Darussyifa Al-Fithroh © 2023 Created with Darussyifa Media Center